Bab 6 Pemasaran
A. Pengertian pasar dan pemasaran
Pemasaran (Inggris:Marketing)
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran
dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi
keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi
kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan
terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga
ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih
dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai
dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah
dibawa.
Proses dalam
pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran.
Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman
barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja
dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam
konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai
dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Definisi
pasar secara umum adalah seperangkat pembeli aktual dan potensial dari suatu
produk dan jasa. Sedangkan definisi dari pemasaran adalah proses sosial dan
manajerial dimana individu dan keompok mempeeroleh apa yang mereka butuhkan dan
inginkan melalui penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan
orang lain.
B. Jenis-jenis Pasar
Pasar persaingan Sempurna
Pasar Monopoli ( milik Pemerintah )
-
Pasar Persaingan Monopolistik
Adalah suatu bentuk interksi yang sama antara permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama tetapi berbeda corak (model). Ciri-cirinya : Terdapat banyak penjual yang berkecampung di pasar, Barang yang dijual diferentiaten, Setiap penjual atau produsen aktif melakukan produksi dan iklan. Pasar Oligopoly
Adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. Ciri-cirinya : Terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai pasar, Barang yang diperjual belikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (diferentiaten produk), Terdapat hambatan yang cukup kuat bagi perusahaan yang berada di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
C. Konsep-konsep Inti Pemasaran
a. Konsep Pengeluaran
Konsep Pengeluaran adalah berasaskan kepercayaan bahwa pengguna lebih berminat membeli produk yang berharga murah serta mudah diperoleh.
b. Konsep Produk
Konsep Produk adalah berasaskan kepada prinsip bahawa pengguna akan menghargai dan lebih mengutamakan produk yang menawarkan kualiti, prestasi dan ciri-ciri inovatif yang terbaik.
c. Konsep Jualan
Konsep Jualan berorientasikan menjual produk melalui kaedah pemasaran yang lebih agresif.
d. Konsep Pemasaran
Konsep
Pemasaran berbeda dengan tiga konsep yang dinyatakan di atas. Konsep ini
berorientasikan memenuhi keperluan dan kemahuan pengguna dengan efektif,
sedangkan tiga konsep sebelumnya berorientasikan kepentingan industri untuk
menjual produk.Empat perkara berikut merupakan prinsip utama yang menjadi tonggak kepada konsep pemasaran ini, yaitu:
- Pasar sasaran – memiilih pasar sasaran yang tepat dan membentuk aktiviti pemasaran dengan sempurna.
- Keperluan pengguna - memahami kehendak sebenar pengguna dan memenuhinya dengan lebih efektif.
- Pemasaran berintegrasi - kesemua fungsi / sub-unit industri bekerjasama memenuhi tanggungjawab pemasaran.
- Keuntungan - mencapai keuntungan melalui kepuasan pelanggan.
e. Konsep Kesejahteraan
Konsep Kesejahteraan adalah langsungan daripada Konsep Pemasaran di mana ia ditambah dengan unsur-unsur kepekaan industri terhadap kesejahteraan pengguna serta masyarakat keseluruhan. Ianya berasaskan prinsip bahawa industri mempunyai tanggunjawab sosial yang perlu dipenuhi dalam masa ia bertindak mencapai objektifnya.
Melalui konsep ini, industri sentiasa mengambilkira kepentingan sosial dan etika sebagai satu agenda bersama dalam membuat keputusan pemasaran. Oleh itu, dalam pemasarannya, industri perlu menyeimbangkan antara tiga kriteria berikut:
- keuntungan yang perlu diperolehi
- kepuasan penguna yang perlu dipenuhi
- kesejahteraan masyarakat yang perlu di pelihara
D. Manajemen Pemasaran
Adalah
analisis perencanaan, implementasi dan pengendalian dari program-program yang dirancang
untuk menciptakan, membangun dan memelihara pertukaran yang menguntungkan
dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.
E. Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari :
- Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagi pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.
- Harga merupakan variabel yang dapat dikendalikan yang menetukan diterima tidaknya suatu produk leh konsumen
- Distribusi merupakan masalah lain yang akan dihadapi
perusahaan pada saat produk selesai diproses.
- Promosi merupakan suatu ungkapan dalam arti luas tentang kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh perusahaan (penjual) untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.
F. Tujuan Sistem Pemasaran
Memaksimumkan mutu hidup : Termasuk didalamnya
kualitas, kuantitas, ketersediaan dan harga pokok barang ; mutu lingkungan
fisik dan mutu lingkungan kultur.
- Pendekatan Serba Fungsi
- Pendekatan Serba Lembaga
- Pendekatan Serba Barang ( Pendekatan Organisasi Industry )
- Pendekatan Serba Manajemen
Sumber
:
http://nabilasishma.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar